Komparasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Model Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) Ditinjau dari Kemampuan Interpersonal, Berfikir Kritis, dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial

Trisnadati, Ida (2016) Komparasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Model Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) Ditinjau dari Kemampuan Interpersonal, Berfikir Kritis, dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ida-trisnadati-14709251033.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan matematika realistik dengan model PBL ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis dan prestasi belajar matematika, 2) mendeskripsikan keefektifan pendekatan matematika realistik dengan model PjBL ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis dan prestasi belajar matematika, dan 3) mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara pendekatan matematika realistik (RME) dengan model problem-based learning (PBL) dan project-based learning (PjBL) ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis dan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Samigaluh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Samigaluh yang terdiri atas tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak sehingga diperoleh kelas VII A dan kelas VII B. Pada kelas VII A diberikan perlakuan berupa pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PBL dan kelas VII B diberikan perlakuan berupa pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PjBL. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kemampuan interpersonal yang terdiri dari 30 pernyataan, tes kemampuan berfikir kritis berupa soal uraian yang terdiri dari 5 soal dan tes prestasi belajar berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 23 soal. Pengujian keefektifan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PBL dan model PjBL dilakukan dengan uji one sample t-test. Pengujian untuk menentukan manakah yang lebih efektif antara pendekatan matematika realistik (RME) dengan model PBL dan PjBL dilakukan dengan uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PBL efektif ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis dan prestasi belajar, (2) pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PjBL efektif ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis dan prestasi belajar, dan (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PBL dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PjBL ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis dan prestasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PBL, pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model PjBL, kemampuan interpersonal, kemampuan berfikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:06
Last Modified: 09 May 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item