Pengaruh Modal Sosial, Kompetensi Guru dan Intensitas Kegiatan MGMP terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP Kota Yogyakarta

Dalimunthe, Reza Armin Abdillah (2016) Pengaruh Modal Sosial, Kompetensi Guru dan Intensitas Kegiatan MGMP terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-reza-armin-abdillah-dalimunthe-14705251041.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh modal sosial terhadap profesionalisme guru, (2) pengaruh kompetensi guru dengan profesionalisme guru, (3) pengaruh intensitas kegiatan MGMP terhadap profesionalisme guru, (4) pengaruh modal sosial, kompetensi guru, dan intensitas kegiatan MGMP secara simultan terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan seluruh guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang tergabung dalam MGMP Yogyakarta, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah semua populasi atau sampling jenuh. Data diperoleh dari angket dengan skala Likert. Pengujian validitas instrument dilakukan dengan Expert Judgment dan Confirmatory Factor Analisys (CFA). Pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha (α). Analisis data menggunakan teknik statistik Simple Linear Regression dan Multiple Regression Analysis (MRA) dengan uji signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modal sosial berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) 14,2% dan probabilitas 0,001; (2) kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) 12% dan probabilitas 0,042; (3) intensitas kegiatan MGMP berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) sebesar -0,1% dan probabilitas 0,018; (4) modal sosial, kompetensi guru dan intensitas kegiatan MGMP secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) 22% dan probabilitas 0,000. Hal ini berarti variabel bebas X1, X2 dan X3 mempengaruhi variabel terikat (Y) secara terpisah maupun secara bersama-sama

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme Guru
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:56
Last Modified: 09 May 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31827

Actions (login required)

View Item View Item