HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DAN KAPASITAS VITAL PARU DENGAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMP NEGERI 1 JETIS KABUPATEN BANTUL

Herina Zufrianingrum (2016) HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DAN KAPASITAS VITAL PARU DENGAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMP NEGERI 1 JETIS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Herina Zufrianingrum.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul yang belum ada peningkatan prestasi signifikan dan pada saat latihan ekstrakurikuler bolabasket, siswa mudah terengah-engah dan mudah lelah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin dan kapasitas vital paru dengan daya tahan kardiorespirasi siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul. Subjek penelitian pada ini adalah siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional untuk mengetahui ada hubungan yang signifikan antara antara kadar hemoglobin dan kapasitas vital dengan daya tahan kardiorespirasi. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen tes dan pengukuran kadar hemoglobin darah dengan menggunakan Diaspect Hemoglobin T, kapasitas vital paru dengan spirometer dan daya tahan kardiorespirasi menggunakan tes multi stage fitness test. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikansi 0,05 pada SPSS 17,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin dengan daya tahan kardiorespirasi, kapasitas vital paru dengan daya tahan kardiorespirasi kadar hemoglobin dan kapasitas vital paru dengan daya tahan kardiorespirasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r x1y = 0,581 , r x2y = 0,595 , R x1x2y = 0,664 dan nilai signifikansi masing-masing variabel p < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hemoglobin, kapasitas vital paru, daya tahan kardiorespirasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:52
Last Modified: 30 Jan 2019 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31826

Actions (login required)

View Item View Item