FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN PELAKSANAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SD KANISIUS BANTUL YOGYAKARTA 2015

Rifki Ardhi Fahruzi (2015) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN PELAKSANAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SD KANISIUS BANTUL YOGYAKARTA 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pencaksilat di SD Kanisius Bantul belum dapat berjalan seperti yang diinginkan. Oleh karena itu perlu diketahui lebih lanjut mengenai faktor- faktor kesulitan tersebut. Tujuan dalam penelitian adalah ingin mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan pelaksanan ekstrakulikuler pencak silat di SD Kanisius Bantul Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket milik Martini tahun 2009 dengan validitas dan reabilitas instrumen yang sama 29 butir. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa perserta ekstrakurikuler pencak silat SD Kanisius bantul kelas IV dan V sebanyak 40 anak. Untuk menganalisisdata digunakan statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui faktor-faktor penyebab kesulitan pelaksanan ekstrakurikuler pencak silat di SD Kanisius bantul. Faktor intern yang menghambat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SD Kanisius Bantul kategori sangat tinggi sebesar 10 % 4 siswa, kategori tinggi sebesar 17,5 % 7 siswa, kategori sedang sebesar 45 % 18 siswa, kategori rendah sebesar 22,5 % 9 siswa dan kategori sangat rendah sebesar 5 % 2 siswa. Faktor ekstern yang menghambat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SD Kanisius Bantul berkategori sangat tinggi sebesar 2,5 % 1 siswa, kategori tinggi sebesar 30 % 12 siswa, kategori sedang sebesar 32,5 %13 siswa, kategori rendah sebesar 27,5 % 11 siswa dan kategori sangat rendah sebesar 7,5 %3 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Kesulitan, Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pencaksilat, Siswa Kelas IV dan V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31819

Actions (login required)

View Item View Item