LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DISMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

MUHAMMAD IRWAN HIDAYAT, MUHAMMAD IRWAN HIDAYAT (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DISMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan ppl Irwan.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Kompetensi yang diupayakan untuk dapat dikuasai mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian.Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang tertentu, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan.Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, danpraktik mengajar.Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10Agustus2015 sampai 12 September2015 yang diisi dengan observasi kelas dan lembaga, konsultasi, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan materi ajar dan media pembelajaran, praktik mengajar, dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah seluruh Teknik Pemesinan serta pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar kelas XI Teknik Pemesinan. Mata Pelajaran yang diampu adalah gambar teknik dasar untuk siswa kelas X dan gambar teknik mesin untuk kelas XI. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke dunia pendidikan sebagai seorang tenaga pendidik yang baik.Melalui program ini,Mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang andal serta melatih komunikasi yang baik dengan seluruh komponen sekolah. Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Bantul ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu fungsi kehumasan mahasiswa sehingga sekolah dapat menjadi mitra Universitas Negeri Yogyakarta untuk melaksanakan PPL tahun berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item View Item