LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAGANG III DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Avidah Amalia, Zahro (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAGANG III DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Avidah Amalia_12520241069.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Kompetensi yang diupayakan untuk dapat dikuasai mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang tertentu, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 yang diisi dengan observasi (kelas, lingkungan dan lembaga), konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan materi ajar dan media pembelajaran, praktik mengajar, dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas XI RPL 1 dan XI RPL 2 dengan alokasi waktu tatap muka 8 jam pelajaran. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum serta pembuatan tugas untuk siswa. Pada realisasinya kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan dan dapat diselesaikan dengan baik. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui program ini, praktikan memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang andal serta melatih komunikasi yang baik dengan seluruh komponen sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31811

Actions (login required)

View Item View Item