LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Darmawan, Nashrullah LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Laporan PPL.

[img] Text
01 cover.docx

Download (39kB)
[img] Text
05 abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
06 BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
07 BAB II.docx

Download (122kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Secara umum pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu : tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus dan diakhiri tanggal 12 September 2015. Dalam pelaksanaan program PPL perlu melakukan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar praktikan mengampu kelas X TAV 1 dengan mata pelajaran Teknik Listrik dan Elektronika Dasar, total jam pertemuan dikelas adalah 40 jam. Hasil penilaian untuk kelas X TAV 1 teori secara ideal dan empiris nilai siswa sudah cukup baik dan 100% sudah diatas KKM. Sementara untuk penilaian praktik secara ideal dan empiris pada job 1 ada 4 kelompok nilai dibawah KKM dan job 2 sampai job 4 semua kelompok sudah mendapatkan nilai diatas KKM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar, meskipun masih terdapat kekurangan. Berdasarlan hasil pengolahan data penilaian siswa terhadap mahasiswa PPL secara ideal sebanyak 9 siswa menilai dalam kategori baik dan sebanyak 6 siswa menilai dalam kategori sangat baik, sedangkan secara empiris sebanyak 6 siswa menilai dalam kategori baik dan 3 siswa menilai dalam kategori sangat baik, sehingga kompetensi mahasiswa dalam mengajar bisa dikatakan sudah baik. Harapannya, semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di satuan tingkat SMK di masa yang akan datang.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:03
Last Modified: 05 Dec 2016 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31804

Actions (login required)

View Item View Item