LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Andi Setiawan, Andi Setiawan (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL_Andi Setiawan_12501244004.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang bertujuan agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah serta mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencakup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada 12 September 2015. Dalam pelaksanaan program PPL perlu melakukan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X TAV 1 mata pelajaran Teknik Listrik dan Elektronika Dasar dengan total jam pertemuan dikelas adalah 40 jam. Hasil penilaian untuk kelas XTAV 1 teori secara ideal 100 % nilai siswa di atas KKM, secara empiris rata – rata nilai siswa cukup baik tanpa ada nilai dibawah KKM. Untuk penilain praktik secaara ideal pada job 1 ada 4 kelompok dibawah nilai KKM dan job 2 sampai 4 semua kelompok siswa mendapatkan nilai diatas KKM, secara empiris pada job 1 ada 4 kelompok dibawah nilai KKM dan job 2 sampai 4 semua kelompok siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah ilmu dan pengalaman nyata dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik dan lancar, meskipun masih terdapat kekurangan. Berdasarkan hasil pengolahan data penilaian siswa terhadap mahasiswa PPL secara ideal sebanyak lebih dari 10 siswa menilai dalam kategori sangat baik, sedangkan secara empiris sebanyak 6 siswa menilai dalam kategori baik, sehingga kompetensi mahasiswa dalam mengajar sudah baik. Harapannya, semoga semua pengalaman ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 00:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31798

Actions (login required)

View Item View Item