TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA SISWA PUTRA PESERTA POPDA DABIN II HANDOKO KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH

Virsa Bili Putu Pramono (2014) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA SISWA PUTRA PESERTA POPDA DABIN II HANDOKO KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA SISWA PUTRA PESERTA POPDA DABIN II HANDOKO KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan awalnya berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dimana tim sepak bola yang mewakili DABIN II Handoko setiap mengikuti POPDA lebih sering mengalami kekalahan. Selajutnya tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain sepak bola siswa putra peserta POPDA DABIN II Handoko Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdiri dari 15 anak usia 10-12 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang dipakai adalah instrumen tes keterampilan sepak bola usia 10-12 tahun dari Daral Fauzi R. (2009) yang berisi 6 (enam)macam tes keterampilan dasar bermain sepak bola (validitas dan reliabilitas lihat Tabel 1. Hal. 39) yaitu: dribling, short passed, throw-in, running with the ball, heading the ball, dan shooting at the ball. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis berupa teknik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dasar sepak bola siswa putra peserta POPDA DABIN II Handoko Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Jawa Tengah tahun 2013/2014 dari 15 siswa yang mengikuti tes ini diperoleh 0 (nol) siswa yang masuk dalam kategori “Baik Sekali”, kategori “Baik” 0 (nol) siswa, sedangkan untuk kategori “Sedang” terdapat 13 siswa dengan persentase mencapai 86,67%, untuk kategori “Kurang” ada 2 siswa dengan persentase 13,33%, dan 0 (nol) siswa untuk kategori “Kurang Sekali”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Dasar Bermain Sepak Bola, Siswa Putra, POPDA.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:54
Last Modified: 30 Jan 2019 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31794

Actions (login required)

View Item View Item