TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI WIDORO KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA

Henny Fatimah (2016) TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SD NEGERI WIDORO KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Henny Fatimah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan siswa kelas IV dan V di SD Negeri Widoro Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta tentang pentingnya kesehatan pribadi, khususnya dalam hal pemeliharaan kesehatan gigi yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingginya pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan gigi pada siswa kelas IV dan V di SD Negeri Widoro Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan gigi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan daftar pertanyaan sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Widoro Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta dengan keseluruhan berjumlah 42 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen dengan mengadopsi dari instrumen Sigit Prayitno (2013: 34). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase menggunakan tiga kategori penilaian, yaitu: Tinggi, Sedang, dan Rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan gigi pada siswa kelas IV dan V di SD Negeri Widoro Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta, untuk kategori “tinggi” sebanyak 32 siswa atau sebesar 76,19%; kategori “sedang” sebanyak 6 siswa atau sebesar 14,29 %; dan ketegori “rendah” sebanyak 4 siswa atau sebesar 9,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pemeliharaan, kesehatan gigi, siswa SD
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31763

Actions (login required)

View Item View Item