HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS, MEMBACA GAMBAR TEKNIK DAN TEORI PEMESINAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PROGRAM CNC SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 KLATEN

Sahrul, Sahrul (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS, MEMBACA GAMBAR TEKNIK DAN TEORI PEMESINAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PROGRAM CNC SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sahrul 11503241014.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS, MEMBACA GAMBAR TEKNIK DAN TEORI PEMESINAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PROGRAM CNC SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh: Sahrul NIM 11503241014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan matematis, membaca gambar teknik, teori pemesinan dan membuat program CNC siswa kelas XII program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten; (2) hubungan kemampuan matematis terhadap kemampuan membuat program CNC; (3) hubungan kemampuan membaca gambar teknik terhadap kemampuan membuat program CNC; (4) hubungan kemampuan teori pemesinan terhadap kemampuan membuat program CNC; dan (5) hubungan kemampuan matematis, membaca gambar teknik dan teori pemesinan secara bersama-sama terhadap kemampuan membuat program CNC. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dokumen yang diambil yaitu berupa dokumen-dokumen transkip nilai terkait semua variabel penelitian. Subyek/obyek penelitian, yaitu seluruh siswa kelas XII program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten sebanyak 62 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment, korelasi ganda dan regresi ganda. Uji persyaratan analisis adalah normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Nilai kemampuan matematis pada kategori tinggi, membaca gambar teknik pada kategori sedang, teori pemesinan pada kategori sedang dan membuat program CNC pada kategori sedang; (2) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan matematis dengan kemampuan membuat program CNC, (rx1y = 0,327); (3) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan membaca gambar teknik dengan kemampuan membuat program CNC, (rx1y = 0,271); (4) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan teori pemesinan dengan kemampuan membuat program CNC, (rx3y = 0,275); (5) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan matematis, membaca gambar teknik dan teori pemesinan dengan kemampuan membuat program CNC, (Rx123y = 0,434) dan besarnya koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,189, hal ini menunjukan bahwa ketiga variabel bebas (prediktor) tersebut menentukan terhadap variabel terikat (kriterium) sebesar 18,9% sedangkan sisanya berasal dari faktor lain di luar penelitian. Sedangkan dari uji regresi linier berganda didapat persamaan regresi � = −32,273 + 4,518 � + 4,034 � + 0,423 �. Kata kunci: matematis, gambar teknik, teori pemesinan, memprogram CNC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31757

Actions (login required)

View Item View Item