AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA SUB BAGIAN KEUANGAN PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN CILACAP

Ayu Widya Ningrum, Ika (2016) AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA SUB BAGIAN KEUANGAN PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ika_Ayu_Widya_Ningrum.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas atas fungsi sumber daya manusia sub bagian keuangan serta memberikan saran dan rekomendasi dari temuan kelemahan yang terdapat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cilacap. Aktivitas sumber daya manusia yang diteliti meliputi: perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan pegawai, perencanaan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, kompensasi dan balas jasa, dan pemutusan hubungan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan cara mendeskripsikan penilaian efektivitas pada fungsi sumber daya manusia berdasarkan hasil perbandingan antara kondisi, kriteria, penyebab, dan akibat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa aktivitas fungsi sumber daya manusia yang sudah berjalan efektif antara lain proses rekrutmen, seleksi, perencanaan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, kompensasi dan balas jasa, dan pemutusan hubungan kerja. Sedangkan aktivitas yang belum berjalan efektif antara lain perencanaan SDM sub bagian keuangan, penempatan pegawai, pelatihan dan pengembangan pegawai. Berdasarkan temuan kelemahan yang terdapat pada aktivitas fungsi sumber daya manusia sub bagian keuangan, maka diberikan saran yang dapat digunakan sebagai masukan bagi kasubag keuangan untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas pada fungsi sumber daya manusia yaitu: sub bagian keuangan harus memiliki perencanaan SDM yang terdokumentasi, pada penyusunan ketentuan jumlah pegawai sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan SDM tiap bidang secara tepat, dan diadakannya pelatihan dan pengembangan secara khusus oleh kasubag keuangan untuk pegawai sub bagian keuangan secara periodik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit Manajemen, Audit SDM Sub Bagian Keuangan, Efektivitas Fungsi SDM
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31750

Actions (login required)

View Item View Item