Peningkatan Pengetahuan Siswa Menggunakan Peralatan Pengukur Presisipada Mata Pelajaran Pengukuran dengan Media Microsoft Office PowerPoint di SMK Pangudi Luhur Muntilan Tahun Ajaran 2010/ 2011

Yoezep, Margiyanto (2011) Peningkatan Pengetahuan Siswa Menggunakan Peralatan Pengukur Presisipada Mata Pelajaran Pengukuran dengan Media Microsoft Office PowerPoint di SMK Pangudi Luhur Muntilan Tahun Ajaran 2010/ 2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
IMPROVING_STUDENTS_KNOWLEDGE_ON_THE_USE_OF_PRECISION_MEASURING_TOOLS_IN_MEASUREMENT_CLASS_BY_USING_MICROSOFT_OFFICE_POWERPOINT_MEDIA_AT_SMK_PANGUDI_LUHUR_MUNTILAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengetahuan siswa sebelum diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint, (2) Mengetahui pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint, (3) Mengetahui peningkatan pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint, (4) Mengetahui perbedaan pengetahuan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint dengan siswa yang tidak diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang dilaksanakan di SMK Pangudi Luhur Muntilan Tahun Ajaran 2010/ 2011 pada semester satu. Desain penelitian berupa pretest-posttest control group design. Subyek penelitian/ responden terdiri dari 31 siswa kelompok kontrol dan 32 siswa kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar Pengukuran. Peningkatan pengetahuan siswa diuji dengan uji-t sampel berkorelasi dan perbedaan pengetahuan siswa dihitung dengan rumus (O2 - O1) – (O4 - O3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan siswa sebelum diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint dapat mencapai nilai total: 1.433 dengan nilai rata-rata: 45,28; (2) Pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint dapat mencapai nilai total: 2.370 dengan nilai rata-rata: 74,66; (3) Dari hasil uji-t yang dilakukan ternyata harga thitung lebih besar dari harga ttabel (22,09 > 2,000) dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat peningkatan pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan media Microsoft Office PowerPoint dengan kriteria dari nilai total: 1.433 menjadi 2.370 dan dari nilai rata-rata: 45,28 menjadi 74,66; (4) Perbedaan pengetahuan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint dengan siswa yang tidak diberi perlakuan adalah (2.370 – 1.433) – (1.833 – 1.383) = 937 – 450 = 487. Jadi perbedaan pengetahuannya yaitu 487.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item