PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Kamaluddin, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan penemuan terbimbing (guided discovery) pada materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII dengan kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur tingkat kevalidan perangkat pembelajaran, angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran, dan soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur tingkat keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing (guided discovery) pada materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII, dengan kualitas sebagai berikut: (1) Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan memenuhi kualifikasi valid berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli. Skor rata-rata penilaian RPP sebesar 4,45 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata penilaian LKS sebesar 4,36 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik. (2) Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kepraktisan memenuhi kualifikasi praktis yang ditunjukkan dengan skor rata-rata angket respon siswa sebesar 3,96 dari skor maksimal 5 dengan kriteria baik, skor rata-rata angket respon guru sebesar 4 dari skor maksimal 5 dengan kriteria baik, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97,74% dengan kriteria sangat baik. (3) Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek keefektifan memenuhi kualifikasi efektif yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Guided Discovery, Himpunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31744

Actions (login required)

View Item View Item