HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KELENTUKAN TOGOK DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 1 GIRIMULYO

Zidni Husni Hukmawan (2016) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KELENTUKAN TOGOK DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 1 GIRIMULYO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZIDNI HUSNI HUKMAWAN_08601244151.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang cenderung rendahnya teknik menggiring bola pada peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 1 Girimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai (X1), kelentukan togok (X2), dan kelincahan (X3) dengan keterampilan menggiring bola (Y) dalam permainan sepakbola pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 1 Girimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 1 Girimulyo yang berjumlah 19 siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes kekuatan otot tungkai, tes kelentukan togok, dan tes kelincahahan, sedangkan tes keterampilan menggiring bola menggunakan tes menggiring bola. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda, melalui uji prasyarat, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang tidak signifikan (r= -0,242 p= 0,318) antara kekuatan otot tungkai dengan keterampilan menggiring bola; (2) ada hubungan yang tidak signifikan (r= -0,095 p= 0,699) antara kelentukan togok dengan keterampilan menggiring bola; (3) ada hubungan yang signifikan (r= 0,909 p= 0,000) antara kelincahan dengan keterampilan menggiring bola; (4) ada hubungan yang signifikan (f= 32,313 p=0,000) antara kekuatan otot tungkai, kelentukan togok, dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola siswa mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 1 Girimulyo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan Togok, Kelincahan, Keterampilan Menggiring Bola.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31735

Actions (login required)

View Item View Item