Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Perolehan Nilai Ujian Nasional pada Siswa Kelas XII IPS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Se-Kabupaten Bantul

Susilowati, Nenden (2016) Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Perolehan Nilai Ujian Nasional pada Siswa Kelas XII IPS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nenden-susilowati-14719251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) faktor- faktor yang mempengaruhi perolehan nilai ujian nasional, dan (2) pengaruh faktor internal dan eksternal dalam perolehan nilai ujian nasional SMA di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian exsplanatory. Sampel sejumlah 339 siswa kelas XII IPS ditentukan dengan teknik stratified purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model regresi berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada hubungan signifikan kemampuan awal siswa dengan hasil ujian nasional, besarnya nilai p < 0,05. Kedua, ada hubungan signifikan motivasi belajar siswa dengan hasil ujian nasional, besarnya nilai p < 0,05. Ketiga, ada hubungan signifikan kompetensi guru dengan hasil ujian nasional, besarnya nilai p < 0,05. Keempat, ada hubungan signifikan lingkungan sekolah dengan hasil ujian nasional, besarnya nilai p < 0,05. Kelima, ada hubungan signifikan dukungan keluarga dengan hasil ujian nasional, besarnya nilai p < 0,05. Keenam, ada hubungan signifikan kemampuan awal siswa, motivasi belajar, kompetensi guru, lingkungan sekolah dan dukungan keluarga secara simultan dengan hasil ujian nasional, besarnya nilai p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: intake siswa, ujian nasional, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:35
Last Modified: 25 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31733

Actions (login required)

View Item View Item