Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Kota Yogyakarta

Sutardi, Sutardi (2016) Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sutardi- 14719251008.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, (4) pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS di 45 SMA negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Sampel sekolah sejumlah lima sekolah diambil dengan teknik area random sampling. Sampel siswa sebanyak 122 siswa ditentukan dengan teknik area proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kompetensi guru, motivasi belajar, lingkungan keluarga, serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment dan analisis factor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien (R2) sebesar 7,8%, dan kompetensi guru termasuk kategori sedang (54,9%); (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien (R2) sebesar 36,8%, dan motivasi belajar siswa termasuk kategori sedang (48,4%); (3) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien (R2) sebesar 4,1%, dan lingkungan keluarga termasuk kategori sedang (47,5%); (4) kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 43,1%. Hal ini berarti kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara terpisah maupun secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, motivasi belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:24
Last Modified: 25 Apr 2016 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item