EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROYEK PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2005/2006

Duwi, Retnaningsih (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROYEK PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2005/2006. S1 thesis, UNY.

[img] Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_JIGSAW_PADA_MATA_PELAJARAN_SAINS_KIMIA_KELAS_VII_SEMESTER_2_SMP_NEGERI_2_MLATI_SLEMAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang positif dan bermakna tentang prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode proyek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ccramah-demonstrasi apabila pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, mengetahui afektif dan psikoi-nolorik siswa kelas eksperimen, serta miengetahui pendapat siswa terhadap pembelaiaran metode proyek. Populasi dalam penelitian ini adalakl 281 siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 2 Klaten tahUn ajaran 2005/2006. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 76 siswa diperoleh dengan teknik cha,sncr r°cmr7om wunnpling. Sampel penelitian untuk penelitian kausa) komparatif dan eksperimen minimal 30 subjek tiap kelornpok. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas rencana pelaksa.naan pembelajara.n, soal prcstasi hclajar kimia siswa, da.n lemba.r penilaian seluruh kegiatan pembelajaran. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi (pengetahuan awal kimia siswa), teknik ujian (prestasi belajar kimia siswa), dan teknik observasi (penilaian proses pembelajaran). Analisis data penelitian menggunakan ancrkovcr 1-lalur dengan satu kovariabel, yang sebelumnya dilaknkan uji persyaratan analisis, yaitu uji hojnogenitas dan uji normalitas. Data penilaian proses pembelajaram dianalisis dengan menggolongkan siswa berdasarkan 4 kategori (kurang.; cukup, balk, dan sangat balk) kemudian dihitung persent.asenya. Berdasarkan uji anakova 1-jalur diperoleh F,, sebesar 42,666 (p<O,OI) sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan yang positif dan sangat bennakna prestasi belajar kimia antara siswa yang menbikuti pembelajaran dengan metode proyek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan rnetode ceramah¬demonstrasi apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Pencapaian hasil belajar siswa keias eksperimen pada ranah afektif secara keseluruhan telah memenuhi kriteria baik sedang pada ranah psikomotorik rata-rata telah memenuhi kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 07 Aug 2012 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item View Item