Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Potensi Pertanian Bawang Merah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Hasil Belajar Kognitif, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP

Setiawan, Dani (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Potensi Pertanian Bawang Merah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Hasil Belajar Kognitif, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dani-setiawanan-14708259018.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kategori kelayakan; dan (2) keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis scientific approach terintegrasi potensi pertanian bawang merah yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bulakamba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar respon siswa terhadap keterbacaan LKS, lembar observasi pembelajaran, dan lembar angket sikap peduli lingkungan; dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal keterampilan proses sains dan lembar soal hasil belajar kognitif. Kelayakan RPP dan LKS dianalisis secara kualitatif berdasarkan tabel klasifikasi 4 kategori. Validitas isi butir soal instrumen dianalisis dengan validitas Aiken. Validitas butir soal yang diujicobakan dianalisis dengan korelasi product moment. Reliabilitas instrumen pilihan ganda dianalisis dengan KR-20 dan instrumen angket dianalisis dengan Cronbach’s Alpha. Keefektifan penerapan perangkat pembelajaran pada uji coba lapangan terbatas dianalisis berdasarkan rata-rata skor gain ternormalisasi dan uji Wilcoxon. Keefektifan penerapan perangkat pembelajaran pada uji coba lapangan utama dianalisis berdasarkan rata-rata skor gain ternormalisasi, uji Hotelling’s Trace, dan uji t satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA terintegrasi potensi pertanian bawang merah yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik untuk RPP dan LKS; instrumen penilaian keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 butir valid dan reliabel; instrumen penilaian hasil belajar kognitif berbentuk pilihan ganda berjumlah 22 butir valid dan reliabel; instrumen penilaian sikap peduli lingkungan berupa skala likert berjumlah 20 butir valid dan reliabel; dan (2) penerapan perangkat pembelajaran IPA berbasis scientific approach terintegrasi potensi pertanian bawang merah efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, dan sikap peduli lingkungan siswa SMP Negeri 1 Bulakamba

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, scientific approach, potensi pertanian bawang merah, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, sikap peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:15
Last Modified: 09 May 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31727

Actions (login required)

View Item View Item