PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AK 4 SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

IKHTIARFAN, YANZA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AK 4 SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI full FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan Siswa Kelas X AK 4 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dalam dua pertemuan, tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X AK 4 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 4 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Observasi Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum Penerapan Teknik Think Pair Share sebesar 65,68%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 7,23% menjadi 72,91%. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,16% atau dari 72,91% pada siklus I menjadi 80,07% pada siklus II. Sedangkan pada angket terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,75% atau sebesar 76,28% di siklus I menjadi 79,03% siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31722

Actions (login required)

View Item View Item