Purwanto, Agus Salim (2016) Miskonsepsi Konfigurasi Elektronik dan Ikatan Kimia pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-agus-salim-purwanto-13708251026.swf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) miskonsepsi, (2) tingkat miskonsepsi, dan (3) bagian materi yang peserta didik kelas X peminatan IPA SMA negeri di kabupaten Kebumen cenderung miskonsepsi pada materi konfigurasi elektronik dan ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 445 peserta didik kelas X peminatan IPA di 4 SMA negeri di Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah instrumen uji miskonsepsi berbentuk pilihan ganda dengan disertai skala Certainty of Response Index (CRI), pedoman wawancara, dan lembar angket pendidik. Data hasil instrumen uji miskonsepsi digunakan untuk mengidentifikasi adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hasil instrumen wawancara digunakan untuk menguatkan ada tidaknya miskonsepsi pada peserta didik. Hasil lembar angket pendidik digunakan untuk memperoleh informasi dari pendidik. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada peserta didik kelas X peminatan IPA SMA negeri di Kabupaten Kebumen pada materi konfigurasi elektronik dan ikatan kimia. Miskonsepsi tertinggi pada materi konfigurasi elektronik sebesar 72,80% (kategori tinggi). Miskonsepsi tertinggi pada materi ikatan kimia sebesar 41,43% (kategori sedang). Bagian materi yang cenderung miskonsepsi adalah konfigurasi elektronik
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | miskonsepsi, CRI, konfigurasi elektronik dan ikatan kimia |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 02:47 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31721 |
Actions (login required)
View Item |