Pengembangan Tes Diagnostik dengan Menggunakan Model DINA, untuk Mendapatkan Informasi Salah Konsepsi dalam Aljabar

Kusaeri, Kusaeri (2012) Pengembangan Tes Diagnostik dengan Menggunakan Model DINA, untuk Mendapatkan Informasi Salah Konsepsi dalam Aljabar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-kusaeri-08701261013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan cara mengembangkan tes diagnostik dengan model DINA yang baik, sehingga mampu memberikan informasi salah konsepsi dalam aljabar; (2) mengimplementasikan tes diagnostik yang dikembangkan dengan model DINA; serta (3) mencari ukuran matriks Q dan banyaknya peserta tes yang ideal, untuk digunakan dalam pengembangan tes diagnostik dengan model DINA. Ketiga tujuan tersebut selanjutnya dijabarkan menjadi: (a) menemukan cara mengembangkan tes diagnostik dengan model DINA, sehingga mampu memberikan informasi salah konsepsi dalam aljabar; (b) mengidentifikasi karakteristik tes diagnostik yang baik yang dikembangkan dengan model DINA; (c) menggali bentuk pemanfaatan informasi hasil tes diagnostik yang dikembangan dengan model DINA; (d) menggali informasi yang dapat dimunculkan dari tes diagnostik yang dikembangkan dengan model DINA; (e) mencari ukuran matriks Q ideal, yang diperlukan untuk pengembangan tes diagnostik dengan model DINA; dan (f) menentukan banyaknya peserta tes ideal, yang diperlukan untuk pengembangan tes diagnostik dengan model DINA. Penelitian pengembangan ini terdiri atas penelitian empirik dan studi simulasi. Penelitian empirik yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratori.Penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskrisikan tahapan pengembangan tes. Eskploratorif digunakan untuk mencari karakteristik item, meliputi tingkat kesukaran dan indeks daya beda item. Penelitian simulasi digunakan untuk menemukan informasi tentang struktur kelas laten maksimum, dengan cara mensimulasikan berbagai kondisi ukuran matriks Q dan banyaknya peserta tes. Simulasi tersebut menggunakan metode simulasi Monte Carlo. Subjek coba penelitian adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Yogyakarta, SMPN 1 Sanden Bantul dan SMPN 1 Panjatan Kulon Progo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software komputer program CDM, Mplus dan R. Hasil penelitian menunjukan: (a) tahapan pengembangan tes yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: identifikasi kompetensi dasar (KD) dan merumuskan indikator, menyusun learning continuum, menyusun hierarki materi, merumuskan atribut, mengonstruk soal, validasi ahli dan uji empirik. Setelah melalui tujuh tahapan tersebut, berhasil dikembangkan 37 item tes diagnostik; (b) dari 37 item tes diagnostik yang dikembangkan, 15 item di antaranya harus dihilangkan/dihapus dari paket tes. Item-item yang dihilangkan/dihapus disebabkan tidak memenuhi uji fit model dan kualitas item tersebut jelek karena memiliki indeks daya beda kurang dari 0,2; (c) pemanfaatan informasi hasil tes diagnostik yang dikembangkan dilakukan melalui umpan balik yang dihasilkan software CBT. Umpan balik tersebut berbentuk laporan skor per item dan laporan diagnostik masing-masing anak/peserta tes; (d) hasil transaksi secara individual masing-masing anak berupa pola respon, akan terekam pada software CBT. Akumulasi pola respon anak dalam satu kelas, dapat dimanfaatkan untuk analisis salah konsepsi secara klasikal dengan program Mplus, BIGSTEP, ITEMAN atau software analisis lainya, (e) hasil studi simulasi menunjukan: (i) matriks Q berukuran 4×3 (Q4×3) lebih ideal dibandingkan dengan matriks Q berukuran 6×3 (Q4×3) dan 8×3 (Q8×3); (ii) matriks Q berukuran 6×4 (Q6×4) lebih ideal dibandingkan dengan matriks Q berukuran 4×4 (Q4×4) dan 8×4 (Q8×4); serta (iii) matriks Q berukuran 6×5 (Q6×5) lebih ideal dibandingkan dengan matriks Q berukuran 4×5 (Q4×5) dan 8×5 (Q8×5). Suatu matriks dikatakan ideal bila matriks tersebut mampu menghasilkan struktur kelas laten yang maksimum; dan (f) hasil simulasi juga menunjukan ukuran sampel minimum (N = 250) mampu mengestimasi parameter-parameter yang ada pada model DINA dengan baik dibandingan sampel dengan ukuran yang lebih besar (N = 500 dan N = 1000).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model DINA, kelas laten, salah konsepsi, aljabar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:39
Last Modified: 04 Oct 2022 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31720

Actions (login required)

View Item View Item