PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS5 UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL BAGI SISWA KELAS VIII SMP/MTs

Rizky Syafrudin, Azwar (2016) PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS5 UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL BAGI SISWA KELAS VIII SMP/MTs. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSII FIX.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media Adobe Flash CS5 untuk pembelajaran menulis teks fabel. Peneliti memilih aplikasi Adobe Flash Pro CS5 karena memungkinkan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan mampu melibatkan indera pengelihatan beserta pendengaran siswa secara aktif sehingga proses penyerapan materi dalam pembelajaran lebih efektif dan maksimal. Prosedur penelitian yang dilakukan mengacu pada prosedur peneliian dan pengembangan Sugiyono yang disederhanakan menjadi lima tahap yang di antaranya adalah sebagai berikut: (1) tahap analisis; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan uji coba; dan (5) produk akhir. Pada tahap pengambilan data dalam penelitian ini, dilakukan validitas ahli media, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta dengan mengumpulkan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan yaitu dengan mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif dengan menggunakan koversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan tersebut adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi file .exe, .swf, dan .html yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran tersebut sesuai dengan hasil validasi. Berdasarkan validasi ahli materi, penilaian aspek kompetensi pembelajaran memiliki rata-rata 3,675 atau sebesar 91,875% dengan kategori layak. Aspek penahapan pembelajaran memiliki rata-rata 3,5 atau sebesar 87,5% dengan kategori layak. Aspek kemudahan penyajian media memiliki rata-rata 3,25 atau sebesar 81,25% dengan kategori layak. Aspek peran media terhadap keaktifan siswa memiliki rata-rata 3,5 atau sebesar 87,5% dengan kategori layak. Selain itu, berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli media terkait kelayakan aspek desain tampilan diperoleh rata- rata 3,3 atau sebesar 82,5% dengan kategori layak. Pada tahap pengoperasian diperoleh rata-rata 3,625 atau sebesar 90,625% dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:56
Last Modified: 30 Jan 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31718

Actions (login required)

View Item View Item