Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Berbasis Proyek Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Mulyani, Endang (2012) Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Berbasis Proyek Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-endang-mulyani-04701261009.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pokok penelitian ini adalah mengembangkan model penilaian komprehensif berbasis proyek pendidikan kewirausahaan terintegrasi di SMK. Untuk mendukung pelaksanaan model penilaian tersebut diperlukan sarana yang berupa pembelajaran yang sesuai dengan model penilaian yang dikembangkan yaitu pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan. Dengan demikian, disamping tujuan pokok, penelitian ini juga bertujuan untuk: 1) merancang langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan; 2) menyusun buku panduan; 3) mengetahui apakah penerapan model penilaian yang didukung dengan pembelajaran yang sesuai dengan model penilaian yang dikembangkan mampu mengukur dan menumbuhkan sikap, minat, dan perilaku wirausahaan serta prestasi belajar siswa dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; dan 4) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapan modelpenilaiankomprehensif berbasis proyek pendidikan kewirausahaan terintegrasi di SMK. Pengembangan model penilaian ini menggunakan Four-D model.meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Rancangan model dalam penelitian ini belum sampai pada tahap dissemi¬nate, sehingga hanya meliputi tiga tahapan yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian adalahsiswa kelas XI program studi penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirausahaan. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah angket, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif,Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Dilihat dari hasil analisis penilaian pakar menunjukan bahwa model penilaian secara umum termasuk dalam kategori baik dan dapat digunakan.2) Dilihat dari hasil analisis CFA, menunjukkan adanya konsistensi, hal ini terbukti dari hasil pengujian model pada uji coba terbatas dan uji coba luas sama-sama menghasilkan bahwa model fit dengan data empiris. Selain itu semua konstruk yang dibangun untuk mengukur variabel, semuanya signifikan pada alfa 5%.3) Hasil analisis uji pakar tentang langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan secara umum termasuk dalam kategori baik dan dapat digunakan, 4) Dilihat dari uji efektifitas model penilaian yang didukung pembelajaran yang sesuai dengan model penilaian yang dikembangkan untuk masing-masing kelompok dengan menggunakan uji MANOVA dapat dikatakan efektif, karena semua variabel diperoleh nilai p di atas 0,05.5) Penerapan model penilaian dan pelaksanaan pembelajaranmampu meningkatkan sikap dan minat siswa terhadap wirausaha,namun belum dapat secara efektif meningkatkan perilaku wirausaha.6) Hasil analisis pakar tetang buku panduan, secara umum termasuk dalam kategori baik dan dapat digunakan. 7) Penerapan model penilaian yang dikembangkan dalam penelitian didukung oleh beberapa faktor antara lain: a) adanya motivasi belajar siswa yang sangat tinggi; b) kesadaran yang tinggi dari siswa bahwa tujuan utama sekolah di SMK adalah untuk menjadi wirausaha; c) motivasi anak untuk belajar berjualan sangat tinggi; d) dukungan guru mata pelajaran ekonomi dan kewirausahaan dalam membantu keterlaksanaan pembelajaran; dan e) dukungan dari sekolah untuk menerapkan model yang telah dikembangkan. 8) Dalam penerapan model ini juga ditemukan beberapa faktor penghambat antara lain: a) berakhirnya waktu pembelajaran, membatasi ruang gerak peneliti untuk melanjutkan mendampingi kegiatan praktik menjual siswa SMK; b) keberanian guru untuk melaksanaan pembelajaran masih kurang; dan c) waktu untuk berjualan siswa di luar kelas relatif sedikit.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model penilaian komprehensif, proyek, pendidikan kewirausahaan, terintegrasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31717

Actions (login required)

View Item View Item