ABSTRAK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMA N 1 Srandakan

Awalia Rosdiana Afifah, Awalia Rosdiana Afifah (2015) ABSTRAK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMA N 1 Srandakan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
001. COVER AWALIA.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
004. KATA PENGANTAR.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
007. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
008. BAB I,2,3 PPL SMANRA awal.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PPL Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA N 1 Srandakan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari Program Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Bimbingan dan Konseling, PJKR, dan Pendidikan Sosiologi. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Program utama individu adalah program yang penulis rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah. Program utama individu adalah membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah membuat media pembelajaran. Secara umum program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Apr 2016 01:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31702

Actions (login required)

View Item View Item