Dilyan Eka Saputra, Dilyan Eka Saputra (2015) ABSTRAK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMA N 1 Srandakan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
a. COVER DILYAN.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
h. ABSTRAK DILYAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
e. KATA PENGANTAR.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
i. BAB I,2,3 PPL SMANRA dilyan.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Salah satu upaya untuk memajukan pendidikan adalah dengan mencetak pendidik yang profesional dan mengutamakan kualitas pendidikan yang terbaik. Dengan adanya PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Program PPL semester khusus ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 yang berlokasi di SMA N 1 Srandakan. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari 7 program studi dimana masingmasing terdiri dari dua orang mahasiswa tiap prodinya. Program PPL semester khusus ini diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi PPL, serta identifikasi dan inventarisasi permasalahan. Selama kegiatan PPL praktikaan melaksanakan praktik mengajar team teching yang terbimbing di 8 kelas yaitu kelas X1, X2, X3, X4, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, dan XI IPS 2. Selama PPL, praktikan juga menyususn programprogram agar pelaksanaan PPL berjalan lancar. Setiap kegiatan yang dilakukan tidak sepenuhnya berjalan lancar, terdapat berbagai hambatan dalam kegiatan PPL. Hambatan dalam kegiatan PPL antara lain: masih sulitnya siswa dalam melaksanakan diskusi kelompok di kelas. Untuk itu, praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PPL.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 01:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |