Opi Mawarsari, Opi Mawarsari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
laporan Opi Mawarsari 12304241043 pend biologi UNY.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diadakan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Tujuan dari program ini adalaha untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta (PPL UNY) dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 di SMA Negeri 1 Srandakan. Kegiatan yang dilakukan meliputi observasi sekolah maupun pembelajaran di kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik siswa. Praktik mengajar dilakukan pada kelas XI IPA 2 sebanyak enam kali mengajar dibawah bimbingan guru pembimbing. Penilaian dan evaluasi dilakukan sebanyak dua kali. Selain praktik mengajar, dilakukan juga kegiatan persekolahan antara pendampingan kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR), penanaman TOGA, upacara, piket perpustakaan, piket guru, pendampingan karnaval 17 agustus, pertemuan wali murid dan pemaparan program sekolah dan pembuatan program 3S (Senyum, Salam, Sapa). Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa sebagai calon guru/pendidik, seperti kemampuan mengenali karakteristik siswa, memilih metode yang sesuai dengan siswa, kemampuan mengelola kelas, dan kemampuan melakukan variasi langkah pembelajaran apabila kondisi kelas tidak sesuai dengan yang direncanakan pada RPP. Selain itu, dengan pelaksanaan PPL mahasiswa juga mendapat pengalaman bersosialisasi dengan seluruh warga sekolah, mengetahui kegiatan administrasi sekolah dan mengetahui program-program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 00:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |