PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Eksperimen pada Pegawai Bagian Keuangan dan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Nadya Sri Damayanti, Dionisia (2016) PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Eksperimen pada Pegawai Bagian Keuangan dan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti adanya: Perbedaan antara individu dalam kondisi terdapat elemen Pengendalian Internal dan dalam kondisi tidak terdapat elemen Pengendalian Internal dalam melakukan Kecurangan Akuntansi; Perbedaan antara individu yang mempunyai level Moralitas Individu tinggi dan level Moralitas Individu rendah dalam melakukan Kecurangan Akuntansi; dan Interaksi antara Pengendalian Internal dengan Moralitas Individu dalam mempengaruhi Kecurangan Akuntansi. Penelitian ini menguji pengaruh Pengendalian Internal dan Moralitas Individu terhadap Kecurangan Akuntansi dengan menggunakan desain eksperimen faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yang disebarkan kepada partisipan penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian populatif yang berarti bahwa penelitian ini tidak menggunakan sampel. Populasi diambil seluruhnya untuk dijadikan partisipan penelitian karena karena jumlah pegawai bagian keuangan dan akuntansi UNY relatif kecil yaitu 82 partisipan dan yang dapat diolah sebanyak 73 data partisipan. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji statistik Two Way Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan antara individu pada kondisi terdapat elemen Pengendalian Internal dan tidak terdapat elemen Pengendalian Internal dalam melakukan Kecurangan Akuntansi; terdapat perbedaan antara individu yang memiliki level Moralitas Individu tinggi dan level Moralitas Individu rendah dalam melakukan Kecurangan Akuntansi; dan terdapat interaksi antara Pengendalian Internal dengan Moralitas Individu dalam mempengaruhi Kecurangan Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Moralitas Individu, Kecurangan Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31684

Actions (login required)

View Item View Item