PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VII MTS AL-ISLAM BOJONGSARI, KEDUNGREJA

Wigati, Laras (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VII MTS AL-ISLAM BOJONGSARI, KEDUNGREJA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Laras Wigati_07205244186.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VII MTS AL-ISLAM BOJONGSARI, KEDUNGREJA Oleh Laras Wigati NIM 07205244186 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat melalui strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII MTs Al-Islam Bojongsari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Islam Bojongsari, yang berjumlah 22 siswa. Desian penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan peneliti, yaitu validitas demokratik, validitas hasil, dan validitas proses. Reabilitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat. Peningkatan kemampuan menyimak cerita rakyat dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prataindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata sebelum dikenai tindakan (Pratindakan) sebesar 60,22. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 65,27. Hal tersebut berarti nilai rata-rata dari pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 5,05 atau 8,38%. Nilai rata-rata siklus II sebesar 69,36, berarti mengalami peningkatan sebesar 4,09 atau 6,26% dari hasil siklus I. Selanjutnya, hasil nilai rata-rata yang diperoleh siklus III sebesar 75,22 yang meningkat 5,86 atau sebesar 8,44% dari hasil siklus II. Strategi pembelajaran ekspositori juga dapat meningkatkan proses pembelajaran cerita rakyat. Hal tersebut dapat terlihat pada pembelajaran menyimak, siswa dapat mengungkapkan kembali ajaran moral, pendapat siswa, dan menjelaskan isi cerita.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CERITA RAKYAT, EKSPOSITORI, MTS AL-ISLAM BOJONGSARI
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:06
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item View Item