PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016

CORAIMA DEWI, ELLA (2016) PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran Akuntansi pada materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbentuk Komik Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur dalam pengembangan Komik Akuntansi dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan: 1) Define atau tahap pendefinisian 2) Design atau tahap perancangan 3) Develop atau tahap pengembangan dan 4) Disseminate atau tahap penyebaran. Validasi Komik Akuntansi dilakukan oleh dosen ahli media, dan dosen serta guru akuntansi sebagai ahli materi. Komik Akuntansi diujicobakan pada siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 dengan total 56 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Data yang didapat dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,89 termasuk dalam kategori sangat layak (A), penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,04 termasuk dalam kategori sangat layak (A), penilaian kelayakan oleh guru akuntansi dengan rata-rata skor 4,95 termasuk dalam kategori sangat layak (A). Penilaian siswa terhadap Komik Akuntansi yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,26 termasuk dalam kategori sangat layak (A). Dengan demikian, komik Akuntansi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Akuntansi, Jurnal Penyesuaian
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31673

Actions (login required)

View Item View Item