PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KONTINUITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2015/2016

Khasanah, Rofiatun (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KONTINUITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_Rofiatun Khasanah_12803241011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016; (2) Kontinuitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016; dan (3) Pola Asuh Orang Tua dan Kontinuitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo yang berjumlah 177 siswa, dengan menggunakan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa di SMA Negeri Jumapolo yang bukan merupakan sampel penelitian. Uji validitas menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Dari hasil uji validitas terdapat 3 butir pernyataan yang gugur untuk variabel X1 dan 2 butir pernyataan yang gugur untuk variabel X2. Dari uji reliabilitas diperoleh hasil kuat (0,700) untuk variabel X1dan sangat kuat (0,873) untuk variabel X2. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016 ditunjukkan dengan rx1y 0,195, r2x1y 0,038 dan thitung 2,101 >ttabel1,984; (2) Kontinuitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016 ditunjukkan dengan rx1y 0,354, r2x2y 0,125 dan thitung 4,006 > ttabel 1,984; dan (3) Pola Asuh Orang Tua dan Kontinuitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016 ditunjukkan dengan Ry(1,2) 0,408, R2y(1,2) 0,167 dan Fhitung11,113 >Ftabel 3,09.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kontinuitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31669

Actions (login required)

View Item View Item