PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2015/2016

NURHIDAYATI, RENI (2016) PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan Komik Akuntansi sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Siswa SMA kelas XII IPS dengan materi Transaksi Perusahaan Dagang, 2) mengetahui kelayakan komik akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru akuntansi, dan uji coba pada siswa, 3) mengetahui respon siswa mengenai komik akuntansi sebagai media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian dan pengembangan Komik Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Validasi komik akuntansi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru Akuntansi SMA. Komik Akuntansi diujicobakan pada 30 siswa SMA kelas XII IPS 2 sebagai subjek uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang didapat dari kuesioner dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media Komik Akuntansi telah dikembangkan melalui prosedur pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. 2) Kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,88 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,8 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan dari guru akuntansi dengan rata-rata skor 4,4 termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. 3) Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sedayu menunjukkan respon positif terhadap media Komik Akuntansi hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh rata-rata skor 4,3 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, Komik Akuntansi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik akuntansi, transaksi perusahaan dagang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31667

Actions (login required)

View Item View Item