LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 55792 10 Agustus – 12 September 2015

Muhammad Fauzan Hanif, Muhammad Fauzan Hanif (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 55792 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzan Hanif BK FIP UNY 2015.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan kampus yang mendidik generasi penerus bangsa menjadi salah satu ujung tombak pendidikan di Indonesia. Ujung tombak itu tidak lain adalah guru. Guru merupakan pendidik yang ada dalam institusi pendidikan. Saat ini sudah banyak guru- guru hebat yang lahir dari UNY. Kedepan UNY akan terus meningkatkan kualitasnya dalam rangka mencetak guru-guru berkualitas dan berakhlak mulia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas calon guru, UNY menyelenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Kegiatan PPL memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan dalam melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung. PPL yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Piyungan beralamat di Jalan Wonosari Km 10 Sitimulyo, Bantul berlangsung selama 5 minggu, yaitu sejak 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Kegiatan PPL mencakup praktik mengajar, memberikan layanan bimbingan dan Konseling (untuk mahasiswa Bimbingan dan Konseling), praktik manajemen administrasi. Dalam PPL ini mahasiswa BK minimal melaksanakan 4 kali layanan Bimbingan dan konseling dengan 4 RPL yang berbeda. Adanya PPL ini, mahasiswa dapat merasakan pula secara langsung bagaimana menjadi seorang guru dan menghadapi kondisi dan situasi di kelas. Mahasiswa yang berhadapan langsung dengan siswa, dengan segala keberagaman dan problematikanya. Adapun hasil yang telah dicapai selama PPL, diantaranya mahasiswa memperoleh banyak pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar dapat berjalan lancar meskipun terdapat sedikit kendala pada awal kegiatan. Namun, kendala-kendala tersebut dapat diatasi 7 dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing. Secara keseluruhan, proses PPL mahasiswa di SMP Negeri 2 Piyungan berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMP Negeri 2 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Apr 2016 04:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31663

Actions (login required)

View Item View Item