Tersinaningsih, Rily (2016) Tantangan Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Tata Busana di Abad 21. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rily-tersinaningsih-12702251041.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mengungkapkan tentang tantangan SMK program studi keahlian tata busana di abad 21. Tempat penelitian di SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada program studi keahlian tata busana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tantangan yang dihadapi para guru SMK Program studi tata busana di abad 21 yaitu mengenai pemahaman kurikulum, dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013; (2) Tantangan SMK Program studi tata busana dalam menyiapkan peserta didik sebagai tenaga kerja di abad 21 yaitu meningkatkan strategi pembelajaran; (3) Tantangan peserta didik SMK Program studi tata busana di abad 21 yaitu penggunaan teknologi, pergeseran sumber belajar, pemecahan masalah, beradaptasi, berfikir kreatif, berdiskusi mengakses dan menganalisis informasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tantangan, SMK Program Studi Tata Busana, abad 21 |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Apr 2016 03:00 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31646 |
Actions (login required)
View Item |