Tantangan Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Tata Busana di Abad 21

Tersinaningsih, Rily (2016) Tantangan Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Tata Busana di Abad 21. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rily-tersinaningsih-12702251041.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengungkapkan tentang tantangan SMK program studi keahlian tata busana di abad 21. Tempat penelitian di SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada program studi keahlian tata busana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tantangan yang dihadapi para guru SMK Program studi tata busana di abad 21 yaitu mengenai pemahaman kurikulum, dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013; (2) Tantangan SMK Program studi tata busana dalam menyiapkan peserta didik sebagai tenaga kerja di abad 21 yaitu meningkatkan strategi pembelajaran; (3) Tantangan peserta didik SMK Program studi tata busana di abad 21 yaitu penggunaan teknologi, pergeseran sumber belajar, pemecahan masalah, beradaptasi, berfikir kreatif, berdiskusi mengakses dan menganalisis informasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tantangan, SMK Program Studi Tata Busana, abad 21
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:00
Last Modified: 09 May 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31646

Actions (login required)

View Item View Item