Pengembangan perangkat Assessment for Learning (AfL) melalui pendekatan Lesson Study pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Siswa SMK sesuai Kurikulum 2013

Triwiyono, Endri (2016) Pengembangan perangkat Assessment for Learning (AfL) melalui pendekatan Lesson Study pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Siswa SMK sesuai Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endri-triwiyono-13702251009.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi awal penilaian pembelajaran pemesinan di SMK; (2) karakteristik perangkat AfL melalui pendekatan lesson study pada pembelajaran praktik pemesinan; (3) kelayakan perangkat AfL melalui Pendekatan Lesson Study; dan (4) keterlaksanaan dan efektifitas perangkat AfL melalui pendekatan lesson study pada pembelajaran praktik pemesinan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modifikasi model pengembangan Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokan menjadi 3 tahap yaitu: pengembangan, tahap ujicoba terbatas, dan tahap ujicoba diperluas. Subjek penelitian pengembangan terdiri dari 10 guru pemesinan dan 2 orang ahli pembelajaran praktik pemesinan. Subjek ujicoba terbatas yaitu 4 peserta didik dan 2 orang guru praktik pemesinan kelas XII TPA SMKN 2 Depok Sleman. Subjek ujicoba diperluas adalah 31 peserta didik XII TPA, 1 orang guru praktik pemesinan SMKN 2 Depok serta 4 orang guru pengamat. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket kuesioner, catatan lapangan, lembar pengamatan, lembar penilaian produk serta respon siswa. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode rating. Hasil penilaian dianalisis melalui pengkategorian sementara reliabilitas antar rater dianalisis menggunakan (Interclass Correlation Coefficients/ICC). Penelitian ini menunjukan 4 temuan yaitu: (1) penilaian proses pada kegiatan praktik pemesinan belum dilaksanakan secara optimal; (2) karakteristik perangkat AfL melalui pendekatan lesson study terdiri dari perangkat penilaian proses (keterampilan dan sikap kerja) melalui pengamatan kolaboratif serta penilaian produk yang memfasilitasi selfassessment. Informasi hasil penilaian yang diperoleh yaitu informasi akurat proses kerja yang dilaksanakan siswa selama praktik, kualitas produk serta hasil penilaian praktik secara keseluruhan untuk mengetahui capaian siswa dan sebagai formatif feedback; (3) kelayakan perangkat dilihat dari panduan penggunakan, cakupan materi serta bahasa termasuk dalam kategori “sangat baik” untuk validitas serta “baik” untuk reliabilitas; (4) keefektifan perangkat masuk kategori “sangat baik” dari segi validitas dan reliabilitasnya. Sementara tingkat keterlaksanakan dari penerapan perangkat assessment for learning melalui pendekatan lesson study masuk dalam kategori “baik” dengan persentase keterlaksanaan 76,58%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat assessment for learning, lesson study, praktik pemesinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:42
Last Modified: 09 May 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31644

Actions (login required)

View Item View Item