LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO TAHUN AJARAN 2015/2016 Bambanglipuro, Bantul

Afif Fatchur Rahman, Afif Fatchur Rahman (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO TAHUN AJARAN 2015/2016 Bambanglipuro, Bantul. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Afif Fatchur Rahman 12520241062.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro berlokasi di Jalan Samas Km. 2,3 Bambanglipuro, Bantul merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Program PPL di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 5 kali untuk 1 kelas. yaitu kelas XI RPL. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, praktikum, tanya jawab, ceramah, dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat dan bahan praktikum serta modul. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena beberapa peserta didik ada yang lebih memilih bermain video game daripada mengerjakan tugas latihan atau projek praktikum yang diberikan. Namun, peserta didik yang aktif mengikuti pelajaran pun banyak banyak dan mereka juga antusias terhadap pelajaran yang diberikan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:20
Last Modified: 22 Apr 2016 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31639

Actions (login required)

View Item View Item