PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR DI SMK BHINEKA KARYA SIMO BOYOLALI

Prayogi, Wicaksono (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR DI SMK BHINEKA KARYA SIMO BOYOLALI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Prayogi Wicaksono 06503244018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR DI SMK BHINEKA KARYA SIMO BOYOLALI Oleh Prayogi Wicaksono NIM 06503244018 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran teori pemesinan dengan materi Menggunakan Mesin untuk Operasi Dasar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI MA 1 SMK Bhineka Karya Simo Boyolali berjumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart. Kriteria keberhasilan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Motivasi dan tanggung jawab siswa mencapai rata-rata Baik; (2) Hasil belajar siswa minimal mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 7,00. Penelitian tindakan ini berlangsung dalam 3 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya proses peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Menggunakan Mesin untuk Operasi Dasar, dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dalam hal ini siswa dituntut memiliki motivasi dan tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru dalam lembar kerja diskusi dan tugas kelompok. Tiap individu dituntut untuk menggali atau menginvestigasi informasi dari berbagai sumber yang relevan, sehingga seluruh anggota menguasai materi pembelajaran. Mengenai motivasi dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran, sudah mencapai kriteria Baik, pada siklus 1 (19,60%), siklus 2 (49,50%) dan siklus 3 (61,77%). Metode pembelajaran tipe tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kenaikan hasil belajar secara keseluruhan dari nilai rata-rata dari 7,03 menjadi 8,22 naik 11,9%. Dengan demikian guru disarankan menggunakan metode tutor sebaya dalam kelompok kecil agar prestasi siswa dapat ditingkatkan, serta motivasi dan tanggung jawab bias dikembangkan. Kata kunci: penerapan, tutor sebaya, kelompok kecil, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item View Item