TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMA NEGERI 1 GAMPING

Rafikartika Nofiyanti Hidayat (2016) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMA NEGERI 1 GAMPING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku siswa yang tidak mempraktikan gaya hidup sehat dan salahnya penerapan ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) seperti kurangnya tingkat kesadaran siswa terhadap pelaksanaan pola hidup sehat serta pemeliharaan lingkungan sekolah dan penyalahgunaan ruangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingginya tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA Negeri 1 Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen tes pemahaman dalam bentuk pilihan ganda milik Dede Irawan dengan validitas 0,355 dan reabilitas 0,938. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Gamping bejumlah 381, Pengambilan sampel dengan tabel nomogram Hery King menggunakan simple random sampling sehingga ditentukan sampel sebanyak 186 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang ditungakan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa SMA Negeri 1 Gamping terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah yang berkategori sangat tinggi sebesar 3,23 % (6 siswa), tinggi sebesar 31,18% (58 siswa), sedang sebesar 38,71% (72 siswa), rendah 19,89 % (13 siswa), sangat rendah 6,99%. Kesimpulan yang didapat bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap UKS berdasarkan faktor pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan sekolah sehat berdasarkan penjumlahan nilai dari semua faktor didapatkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, UKS, Siswa SMA.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item