Bahro Shabrina, Arina (2016) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
SKRIPSI_ARINA BAHRO SHABRINA_11403244016.pdf Download (96MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 2 butir soal uraian. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan program aplikasi komputer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari segi validitas, soal yang valid pada soal pilihan ganda berjumlah 25 butir soal (83,3%), sedangkan pada soal uraian 100% valid. (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal pilihan ganda memiliki tingkat reliabilitas rendah yaitu sebesar 0,59 dan soal uraian memiliki tingkat reliabilitas tinggi sebesar 0,84. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran, pada soal pilihan ganda termasuk sangat mudah berjumlah 14 soal (46,7%), mudah berjumlah 9 soal (30%), sedang berjumlah 6 soal (20%), dan sangat sukar berjumlah 1 soal (3,3%). Soal dalam bentuk uraian termasuk mudah berjumlah 1 soal (50%) dan sedang berjumlah 1 soal (50%). (4) Ditinjau dari daya pembeda, pada soal pilihan ganda yang termasuk daya pembeda sangat buruk berjumlah 4 soal (13,3%), buruk berjumlah 8 soal (26,7%), agak baik berjumlah 9 soal (30%), baik berjumlah 7 soal (23,3%), dan sangat baik berjumlah 2 soal (6,7%). Soal dalam bentuk uraian yang termasuk daya pembeda baik berjumlah 1 soal (50%) dan sangat baik berjumlah 1 soal (50%). (5) Ditinjau dari efektivitas pengecoh, yang berfungsi tidak baik berjumlah 10 soal (33,3%), berfungsi kurang baik berjumlah 11 soal (36,7%), berfungsi cukup berjumlah 5 soal (16,7%), dan berfungsi baik berjumlah 4 soal (13,3%). (6) Kualitas butir soal pada soal pilihan ganda termasuk berkualitas berjumlah 7 soal (23,3%), termasuk kurang berkualitas berjumlah 5 soal (16,7%), dan termasuk tidak berkualitas berjumlah 18 soal (60%). Sedangkan pada soal uraian, 2 soal (100%) termasuk soal berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Pengantar Akuntansi |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 22 Apr 2016 01:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |