KEEFEKTIFAN STRATEGI TIMBAL BALIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Ayu Puspita, Nadia (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI TIMBAL BALIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca teks cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca teks cerpen dengan menggunakan strategi Timbal Balik dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Timbal Balik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kasihan; dan (2) menguji keefektifan strategi Timbal Balik dalam pembelajaran membaca teks cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kasihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Postest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi Timbal Balik dan variabel terikat yaitu kemampuan membaca teks cerpen. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik penyampelan tersebut, kelas VII A ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII E ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda dan angket. Uji validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen dihitung dengan melihat nilai Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji prasyarat analisis skor pretes dan postes kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data postes kemampuan membaca teks cerpen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 8,364; df = 60; dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca teks cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Timbal Balik dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Timbal Balik. Berdasarkan analisis uji-t data pretes dan postes kelompok eksperimen, diperoleh thitung sebesar 8,969; df = 30 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 3,6; sedangkan kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 17,2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi Timbal Balik efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31621

Actions (login required)

View Item View Item