PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT TRANSMISI OTOMATIS MELALUI METODE KOMPREHENSIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA

Qornul, Manazil (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT TRANSMISI OTOMATIS MELALUI METODE KOMPREHENSIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_IMPROVEMENT_OF_LEARNING_QUALITY_OF_AUTOMATIC_TRANSMISSION_CURRICULUM_THROUGH_COMPREHENSIVE_METHOD_IN_CLASS_XII_AT_SMKN_2_DEPOK_YOGYAKARTA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas XII TPBO A SMK Negeri 2 Depok, Yogyakarta pada mata diklat transmisi otomatis melalui metode koprehensif (Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan dengan model Pembelajaran kooperatif Jigsaw). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TPBO A yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan satu kali tes akhir siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, lembar catatan lapangan, tes akhir siklus, angket, dan dokumentasi. Aspek yang diteliti meliputi sikap dan aktivitas peserta didik yang menunjukkan motivasi belajar, tindakan yang diberikan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran dengan metode komprehensif. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes awal pada pembelajaran teori untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dan diakhiri dengan postest, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan menggunakan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan latihan yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan setiap siklusnya selanjutnya dilakukan post test. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas, prestasi, dan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya rata-rata persentase aktivitas peserta didik dan nilai akhir siklus sebagai berikut: (1) Aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran pada siklus I sebesar 59,65 % dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi 67,87 %dengan kategori sedang dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,75 % dengan kategori tinggi. (2) Motivasi peserta didik secara keseluruhan pada siklus I sebesar 79,9 % dengan kategori tinggi, siklus II meningkat sebesar 81,9 % dengan kategori tinggi, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 83,19 % dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item