LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN

LEBDO WITOADI PRABOWO, LEBDO WITOADI PRABOWO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12518244013 Lebdo Witoadi Prabowo_Laporan PPL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY 2015 yang berlangsung di SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat intrakulikuler dan wajib. PPL ini berinteraksi langsung dengan sekolah, berinteraksi dengan guru murid dan komponen penting sekolah lainnya. Maka untuk itu, Universitas Negeri Yogyakarta memberi pembekalan tentang pelaksanaan PPL dalam persiapannya. Segala kebutuhan mahasiswa dalam mengajar diberikan sebagai acuan dalam menghadapi peserta didik. Selain itu jauh sebelum pelaksanaan PPL mahasiswa sudah diberi mata pelajaran Mikro Teaching yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam pelaksanaan PPL. Sekolah Menengah Kejuruan Ki Ageng Pemanahan yang beralamatkan di Jalan Parangtritis Km 16,5 Patalan, Jetis, Bantul, Yogyakarta adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama ± 1 bulan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 September sampai dengan 12 Oktober 2015. Mahasiswa PPL melaksanankan pelajaran tatap muka minimal 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan antara lain seperti seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, cooperative learning, praktik, dan pemecahan masalah. Praktikan selakuk mahasiswa PPL telah melaksanakan 12 kali tatap muka mengajar selama kegiatan PPL berlangsung. Mengampu mata pelajaran PRAKTIK ELEKTRONIKA DIGITAL dan DASAR ELEKTRONIKA dengan tatap muka 1 kali seminggu dan setiap minggunya praktikan mengajar selama 6 jam. Pelaksanaan PPL masih terdapat beberapa permasalahan seperti kemampuan pengelolaan kelas dan memotivasi siswa dalam belajar, namun secara umum kegiatan PPL terlaksana dengan cukup baik. Dalam pelaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah menyelesaikan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 16 RPP, melaksanakan tatap muka mengajar sebanyak 12 kali, dan melakukan 2 kali evaluasi belajar untuk mata pelajaran PRAKTIK ELEKTRONIKA DIGITAL dan DASAR ELEKTRONIKA di kelas X Mekatronika. Dalam pelaksanaan praktik mengajar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, asimilasi tanya jawab dan penugasan kelompok serta individu. Melalui kegiatan PPL ini, mahasiswa memperoleh banyak pengetahuan seperti pengalaman nyata tentang kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki keterampilan mengajar. Untuk berkesinambungan kerjasama antara pihak dari sekolah dan mahasiswa dari UNY selanjutnya, alangkah baiknya bila lebih ditingkatkan agar lebih banyak merasakan manfaatnya untuk semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Elektronika Digital, Dasar Elektronika, SMK Ki Ageng Pemanahan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 08:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31617

Actions (login required)

View Item View Item