LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL Jl. Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Telp: (0274) 4396012

Lailatun Nikmah, Lailatun Nikmah (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL Jl. Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Telp: (0274) 4396012. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lailatun Nikmah_12102241034_PPL UNY_SKB BANTUL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam belajar di tenggah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini kami laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)Bantul. Penyususnan program rencana kerja di mulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul. Observasi di lakukan dengan metode tanya jawab atau wawancara melihat data demografi dan melihat langsung kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Bantul khususny programprogram yang diselenggarakan oleh SKB Bantul. Dengan begitu dapat ditentukan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang ada dalam program-program yang diselenggarakan oleh SKB. Kegiatan PPL ini ada dua jenis kegaiatan yakni kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar yang dapat dilaksanakan oleh saya ialah tujuh kali dalam program parenting sebanyak dua kali, ekstrakurikuler TK sebanyak dua kali, Keaksaraan Fungsional sebanyak dua kali, dan mengajar di TK Prima Sanggar sebanyak sekali. Sementara yang yang non mengajar meliputi membuat RPP, membantu administrasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM), guru pendamping di TPA dan TK, mengembangkan Alat Permainan Edukatif (APE), piket, orientasi TK, serta pelaporan hasil kegiatan PPL. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan dapat bermnafaat untuk pihak lembaga, Universitas Negeri Yogyakarta, Mahasiswa PPL, dan masyakarat sekitar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31609

Actions (login required)

View Item View Item