LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL Jl. Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Telp: (0274) 4396012

Emi Susanti, Emi Susanti (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL Jl. Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Telp: (0274) 4396012. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan ppl emi susanti (12102241029) PLS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PPL mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompotensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Laporan ini berisi tentang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kabupaten Bantul yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan untuk mengajar pada anak usia dini di PAUD Terpadu SKB Bantul yaitu di Kelompok Bermain (KB) Prima Sanggar SKB Bantul Kabupaten Bantul, Parenting, Kursus Tata Rias, Kursus Tata Boga, Ekstrakulikuler TK. Pada Praktik pengalaman Lapangan (PPL) di SKB Bantul Kabupaten Bantul kegiatan praktik yang dilakukan, diantaranya adalah mengajar Kelompok Bermain dan mengajar ekstrakulikuler TK binaan dari SKB Bantul Kabupaten Bantul, Pembelajaran di kursus-kursus dan Parenting. Dalam kegiatan mengajar, dilakukan berbagai persiapan dalam mengajar, diantaranya adalah pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH), membuat media pembelajaran, bahan untuk evaluasi, dan sebagainya. Sedangkan Parenting untuk wali murid TPA, Parenting untuk wali murid KB, Kursus Tata Boga dan Kursus Tata Rias juga meliputi 3 tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang didapat dari melaksanakan kegiatan PPL adalah pengalaman dalam mengahadapi karakter peserta didik yang berbeda-beda dan dari berbagai jenis umur dari (anak- anak sampai orang tua), pengalaman langsung dalam mengajar,membuat media yang akan digunakan dalam mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui sebelum mengajar, saat mengajar dan setelah mengajar, serta membangun mitra kerja yang baik dengan Bapak/ Ibu Pamong, Karyawan dan pendidik PAUD Terpadu di SKB Bantul. Kegiatan PPL lebih difokuskan mengajar pada program-program yang ada di SKB seperti PAUD Terpadu (TPA, KB, TK) Prima Sanggar, dan berbagai Kursus yang ada di SKB Bantul, TBM, Keaksaraan fungsional. Harapan kami, apa yang telah kami laksanakan dalam kegiatan PPL ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk lembaga yang bersangkutan, bagi masyarakat dan bagi mahasiswa PPL tersendiri semoga dapat mengambil hikmah dan menjadi pengalaman yang berharga. Harapan ke depan, semoga PPL dapat lebih baik lagi dari tahun yang sebelum-belumnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SKB Bantul, Program-program PPl
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31603

Actions (login required)

View Item View Item