LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL

Bayu Anggardha Sulistya, Bayu Anggardha Sulistya (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman depan-daftar lampiran.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan PPL 'Bayu'.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi baik kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal. Pengabdian ini diwujudkan melalui peran mahasiswa yang terlibat langsung dalam proses memberdayakan warga belajar dan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di lapangan. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar agar mampu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat ataupun warga belajar serta dapat mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa dalam belajar di tenggah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini kami laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)Bantul. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul hingga persiapan teknis pelaksanaan pembelajaran. Observasi di lakukan dengan metode observasi nonpartisipan dilengkapi instrumen wawancara, melihat data monograf, dan dokumentasi. Kegiatan observai ini mencakup program-program pendidikan yang ada di SKB Bantul seperti Kelompok Bermain (KB) Prima Sanggar, Taman Kanak-Kanak Prima Sanggar, Keaksaraan Fungsional, Parenting TK, dan Pembinaan Di PKBM Candi Rejo. Berdasarkan hasil observasi di berbagai program pendidikan yang ada di SKB Bantul kegiatan yang dilakukan tidak hanya mengajar namun mempersiapkan dan merancang semua aspek dalam proses pendidikan dalam program tersebut. Dengan demikian mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mampu mengajar akan tetapi harus mampu mempersiapkan dan merancang program pendidikan, khususnya untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Oleh karena itu, di susunlah suatu program kegiatan berupa apel lembaga, pendampingan di TK Prima Sanggar, pengelolaan administrasi KB Prima Sanggar, mengajar di TK Prima Sanggar, parenting TK Prima Sanggar, mengajar Keaksaraan Fungsional, pengembangan media pembelajaran di Sentra Budaya TK Prima Sanggar, dan sosialisasi pola asuh anak di PKBM Candi Rejo binaan SKB Bantul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31600

Actions (login required)

View Item View Item