LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 Di SMP NEGERI 2 PLERET Alamat: Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, DIY

Rinawati, Rinawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 Di SMP NEGERI 2 PLERET Alamat: Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN RINAWATI P.IPS .pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan dengan berlangsungnya pembelajaran. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 bertempat di SMP N 2 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan hasil observasi, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu Konsultasi dengan guru pembimbing, Konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, Membuat perangkat pembelajaran (RPP), Mencari bahan untuk mengajar, Mengajar dan Mendampingi guru mengajar/ asistensi, Membuat lembar kerja siswa, Mengoreksi lembar kerja siswa, Memasukkan nilai lembar kerja siswa, Pembuatan media, Mendampingi kegiatan siswa (seperti: lomba gerak jalan dan sepeda hias), Administrasi guru (Dapodik), Piket guru jaga, Penataan perpustakaan, Upacara hari Senin, Upacara hari Kemerdekaan RI, Upacara hari pramuka, Penyambutan kedatangan siswa, Review KTSP dan Pembuatan laporan. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Pleret, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31597

Actions (login required)

View Item View Item