IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI AKUNTANSI (TTA) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMPROSES DOKUMEN DANA KAS KECIL SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN

DWI PUSPITOSARI, ANGGRAHINI (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI AKUNTANSI (TTA) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMPROSES DOKUMEN DANA KAS KECIL SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
ANGGRAHINI DWI PUSPITOSARI_12803241038_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada kompetensi memproses dokumen dana kas kecil siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2015/2016 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction berbantu media Teka-Teki Akuntansi (TTA). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan berbantu media yang dilakukan dengan kolaborasi guru Akuntansi. Pada penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction berbantu media TTA menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tes pada siklus I diketahui terjadi peningkatan prestasi belajar berdasarkan ketuntasan siswa dari pre test ke post test sebesar 20,84%, yaitu dari pre test 20,83% kemudian menjadi 41,67% pada saat post test. Pada siklus II juga terjadi peningkatan prestasi belajar berdasarkan ketuntasan siswa sebesar 41,67% yang ditunjukkan dari hasil pre test 45,83% menjadi 87,5% pada post test. Dengan demikian implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan Prestasi Belajar Memproses Dokumen Dana Kas Kecil ssiwa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Team Accelerated Instruction, Teka-Teki Akuntansi, Prestasi Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2016 06:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31592

Actions (login required)

View Item View Item