ENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGAMBIL KREDIT PADA KP-RI BINA MANDIRI KABUPATEN PANDEGLANG

FRIANTORO, DIAN (2016) ENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGAMBIL KREDIT PADA KP-RI BINA MANDIRI KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DIAN FRIANTORO_12812141022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor budaya terhadap keputusan anggota dalam mengambil kredit pada KP-RI Bina Mandiri Kabupaten Pandeglang, (2) pengaruh faktor sosial terhadap keputusan anggota dalam mengambil kredit pada KP-RI Bina Mandiri Kabupaten Pandeglang, (3) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan anggota dalam mengambil kredit pada KP-RI Bina Mandiri Kabupaten Pandeglang, (4) dan pengaruh faktor budaya, sosial, dan pribadi secara bersama-sama terhadap keputusan anggota dalam mengambil kredit pada KP-RI Bina Mandiri Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KP-RI Bina Mandiri Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 189 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 123 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Keputusan Anggota dalam Mengambil Kredit (Y), Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), dan Faktor Pribadi (X3). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji asumsi klasik meliputi uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Faktor Budaya terhadap Keputusan Anggota dalam Mengambil Kredit pada KP-RI Bina Mandiri dengan thitung (0,537) lebih kecil daripada ttabel (1,657) dan nilai signifikansinya lebih besar daripada 0,05 yaitu 0,592, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Faktor Sosial terhadap Keputusan Anggota dalam Mengambil Kredit pada KP-RI Bina Mandiri dengan thitung (2,354) lebih besar daripada ttabel (1,657) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,02, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Faktor Pribadi terhadap Keputusan Anggota dalam Mengambil Kredit pada KP-RI Bina Mandiri dengan thitung (2,351) lebih besar daripada ttabel (1,657) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,02, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Faktor Budaya, Sosial, dan Pribadi secara bersama-sama terhadap Keputusan Anggota dalam Mengambil Kredit pada KP-RI Bina Mandiri dengan Fhitung (3,552) lebih besar daripada Ftabel (2,68), dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,017.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Sosial, Keputusan Anggota.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2016 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31588

Actions (login required)

View Item View Item