HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Subekti, Fajar Deany (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fajar Deany Subekti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi pearson product moment dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD/MI Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa dari 5 SD Negeri kelas V di Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Tingkat kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 79,31%, (2) Tingkat kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 67,24%, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan kemampuan pemecahan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan nilai r hitung 0,628 lebih besar dari r tabel sebesar 0,259 (0,628 >0,259) dan nilai signifikansi hasil analisis program komputer SPSS for windows versi 16 sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 pada taraf signifikansi 5% (0,00 < 0,05). Kata kunci: kemampuan membaca, kemampuan pemecahan soal cerita, mata pelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Apr 2016 05:58
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31584

Actions (login required)

View Item View Item