LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Lenny Widyawati, Lenny Widyawati (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN - ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA N 1 Sanden, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkandan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun nonfisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Program PPL di SMA N 1 Sanden, dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket perpustakaan dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Selama berlangsungnya kegiatan program PPL UNY 2015 di SMA N 1 Sanden, salah satu program unggulan yang dilaksanakan oleh praktikan adalah mengajar. Di dalam kegiatan mengajar ini, praktikan juga memberikan penugasan kepada siswa untuk membuat peta sebaran flora dan fauna di masing masing wilayah di Indonesia. Peta digambar dengan menggunakan kertas yang dikerjakan secara berkelompok dengan teman sebangkunya. Pembuatan peta ini, selain diambil nilai juga melatih siswa untuk mencintai negaranya dan mengenai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, penugasan pembuatan peta dijadikan program unggulan karena peta merupakan salah satu ciri dari para geografer. Geografi lebih mengedepankan konteks keruangan dan kewilayahan. Melalui peta, maka keruangan tergambarkan dengan jelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Sanden, Geografi, Peta, Flora Fauna, Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31575

Actions (login required)

View Item View Item